Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Cara Mengatasi Low Value Content Adsense

Buat blogger atau webmaster pemula yang situsnya sudah mempunyai cukup banyak konten pasti mikir bagaimana cara menghasilkan uang dari website sendiri? Salah satu opsinya adalah menjadi publisher Google Adsense.

Dengan menjadi penayang Google Adsense, situs kita akan diizinkan untuk menampilkan iklan. Jika iklan yang tampil di blog kita ada yang ngeklik, maka kita akan mendapatkan earning atau bayaran. Oleh karena itu Adsense berbasis CPC.

CPC adalah Cost Per Click. Besaran biaya yang didapatkan perklik iklannya itu banyak faktornya, yang paling mendasari adalah niche atau kategori website/blog dan CTR alias Click Through Rate.

Semakin tinggi CTR maka semakin tinggi pula BPK (Biaya Per Klik) iklan di websitemu. Saya sebelumnya pernah membocorkan rahasia bagaimana saya meningkatkan CTR Google Adsense saya, bisa Anda baca di sini "Cara meningkatkan CTR Google Adsense".

Balik lagi ke topik utama, yakni penolakan Adsense "Low value content" alias konten berkualitas rendah. Sebenarnya apa sih penyebab hal ini terjadi. Berikut saya rangkumkan beberapa yang saya kutip dari beberapa blogger.

cara mengatasi low value content adsense

Penyebab Low Value Content, Ditolak terus bikin kesal

Disclaimer dahulu ya, penyebab di sini bukan dari official statement Google Adsense, melainkan dari beberapa pengalaman blogger yang pernah mengalaminya, termasuk saya pribadi.

  1. Jumlah konten masih terlalu sedikit, saya asumsikan jumlah artikel blogmu di bawah 20
  2. Jumlah kata di tiap artikel terlalu rendah, saya asumsikan di bawah 500 kata
  3. Navigasi situs yang susah
  4. Halaman pendukung tidak ada, yang paling penting About, Sitemap/Daftar Isi, Disclaimer
  5. Website/blog Anda belum sepenuhnya diindeks
  6. Umur website masih di bawah 2 minggu, optimalnya di atas 2 minggu
  7. Jumlah visitor terlalu rendah, 50 pengunjung ke atas tentu lebih baik

Dari pengalaman saya pribadi ketika mengajukan ke Google Adsense untuk situs ini, tetapi hasilnya sejak pertama kali mendaftar bulan April hingga Juli selalu saja dapat balasan ditolak karena low value content.

ditolak adsense karena low value content

Delapan kali blog saya ditolak dengan alasan tersebut. Yang saya lakukan pertama tentu me-review apa yang kurang dari blog pribadi saya ini. Saya juga baca-baca tutorial mengatasi penolakan Google Adsense konten berkualitas rendah di blog lain.

Namun, usaha yang saya lakukan tidak membuahkan hasil. Akhirnya saya putuskan melakukan eksperimen sendiri dan hasilnya saya mendapatkan email dari Adsense no-reply seperti ini..

email blog diterima google adsense
Tepat hari ini blog saya ini andhikayp.com diterima Google Adsense setelah hampir 4 bulan apply menjadi publisher, ditolak 8x, dan ke-9 ini baru diterima.

Okee sudah percaya kan sekarang kalau memang pernah ditolak GA beberapa kali dan akhirnya blog saya diterima? Kalau gitu saya sharing pengalaman cara mengatasinya, cek di bawah ini.

Cara Mengatasi Low Value Content Adsense Sesuai Pengalaman

1. Pastikan blog sudah terdaftar di Google Search Console

Ini krusial banget. Meskipun blog Anda sudah terindeks di Google, tetapi belum verifikasi situs di GSC itu membuat Google berspekulasi itu bukan situs milik Anda. Daftarkan lah karena itu bukan sesuatu yang merepotkan.

2. Terus update membuat konten baru

Balik lagi ke tujuan awal Anda membuat website/blog. Kalau memang ingin untuk didaftarkan ke Google Adsense pasti akan selalu update artikel baru.

Berhubung tujuan utama saya membuat blog ini untuk sharing pengalaman blogging dan SEO yang saya dalami, setiap dapat email penolakan Adsense rasanya sedikit putus asa dan malas membuat konten baru.

Namun, rasa penasaran untuk mengetahui penyebab low value Adsense dan bagaimana cara mengatasinya membuat saya memutuskan lebih sering update artikel dengan kategori lainnya. Bukan sharing pengalaman saja.

3. Buat artikel dengan jumlah minimal 800 kata

Setiap artikel yang saya buat untuk blog ini saya pikirkan matang-matang mulai dari topik, keyword utama, keyword pendukung yang didapatkan melalui riset kata kunci, membuat gambar pendukung, skema internal link, dan data yang diperlukan.

Dengan spesifikasi seperti itu tidak heran artikel yang saya tulis jumlah katanya selalu di atas 800. Bahkan artikel saya yang membahas "Aplikasi pengatur keuangan gratis" ini hampir menyentuh 6000 kata. 

Jumlah DOM (Document Object Model) HTML nya hampir menyentuh 2000 saking panjangnya artikel tsb. Anda tidak harus sampai beribu-ribu kata ya, minimal 800 kata sudah cukup agar Google tidak mengklasifikasikan artikelmu sebagai thin content.

4. Buat halaman About, Daftar Isi, dan Disclaimer

Nah, di dalam halaman About atau Tentang Saya kasihlah kontak email atau sosial mediamu. Jika ingin lebih profesional buatlah halaman Contact tersendiri.

5. Hapus halaman label dari search engine

hapus halaman label dari pencarian

Sebenarnya tidak perlu hapus secara menual labelnya di GSC, pakai robots.txt juga bisa. Namun, saya coba bereksperimen dengan menghapus halaman label/kategori blog saya di Google Search Console agar tidak tampil di pencarian.

Alasannya sih simpel karena halaman label mengandung sedikit sekali kata dan banyaknya thumbnail gambar tiap artikel dalam kategori tersebut, Google bisa mengindikasikan itu sebagai thin content.

Untuk menghapusnya sih mudah sekali tinggal masuk ke GSC > Indeks > Penghapusan/Removal > Permintaan Baru > Masukkan link label contoh https://www.blogmu.com/search/label/ > Pilih Hapus semua URL dengan awalan ini.

6. Taruh halaman Daftar Isi di navigasi bagian atas

Selama tujuh kali penolakan, saya meletakkan halaman Daftar Isi di bagian footer blog ini. Fokusnya saya dahulu adalah agar halaman label mudah ditemukan oleh pengunjung blog.

Padahal kalau dicerna secara logika, halaman Daftar Isi inilah yang paling memudahkan orang lain untuk menjelajahi tiap aritkel di blog ini. Harusnya halaman Sitemap ini ditaruh di bagian navigas bar atas.

Navigasi bar di atas tentu lebih prioritas daripada footer. Sebab, navbar atas adalah above the fold website Anda. Pastikan tidak memberi rel="nofollow" untuk link navigasi di website Anda.

Nah, begitulah kira-kira pengalaman saya mengatasi penolakan Google Adsense karena low value content. Tentu trial and error sendiri akan lebih melegakan, tetapi jika Anda mengikuti tutorial saya ini do it by your own risk ya!

Sebelum mengakhiri artikel ini, apabila kamu mengalami akun Google Adsense dibanned, tetapi masih ada saldo yang tersisa dan ingin menariknya baca ini "Cara mengambil saldo Adsense di akun yang dinonaktifkan".

Lalu, buat yang kepo kenapa kalau blog ini sudah diterima Adsense kok nggak pasang iklan? Jawabannya adalah karena visitor harian masih berkisar 300-500 UV per hari, which is too low to make big earning. Alhasil saya tetap fokus meningkatkan trafik saja dahulu sampai ya minimal 1000 unique visitor per day.

Demikianlah artikel ini, mungkin tutorial di sini tidak work di sebagian orang karena permasalahan tiap blog pasti berbeda-beda. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa lewat kolom komentar atau DM saya di Instagram.

Artikel ini berjumlah 1046 kata dibuat kurang lebih 45 menit.

Andhika YP
Andhika YP Halo, nama saya Andhika YP. Situs andhikayp.com ini digunakan sebagai blog pribadi. Saya pernah magang di Kotakode sebagai SEO Analyst. Jangan lupa follow Instagram saya yaa!

4 comments for "Pengalaman Cara Mengatasi Low Value Content Adsense"

Tribunshitpost September 2, 2021 at 3:35 PM Delete Comment
emang label ngaruh gitu bang pas pengajuan add site ??
Andhika YP September 2, 2021 at 3:49 PM Delete Comment
Ngaruhnya bukan buat add site aja sih gan, lebih ke SEO. Soalnya kan urlnya berdiri dari /search nah di url itu minim kata" jadi Google bisa mengindikasikan itu halaman low value. Kalau saya sih block aja pake robots.txt atau di GSC, buktinya blog saya ini udah ada ads Google Adsense nya.
Tribunshitpost September 2, 2021 at 7:31 PM Delete Comment
oh oke makasih info nya bang jadi di settingan blog nya di nonaktifkan lebel nya nya
Andhika YP September 4, 2021 at 11:14 AM Delete Comment
Setting robot txt aja dissalow /search
Bantu saya meningkatkan User Experience blog ini dengan mengisi survey singkat kurang dari 2 menit ini
Isi survey