Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Website Tidak Terindex di Google Walaupun Sudah Menggunakan Search Console

Awal-awal ngeblog memanglah begitu sulit, apalagi kalau tujuan ngeblog Anda untuk memonetisasi dengan iklan. Hal utama yang harus dipastikan beres adalah proses indexing blog Anda.

Proses indeks adalah dimana ketika Google sudah menampilkan blog atau artikel Anda di pencarian Google atau biasa disebut dengan SERP (Search Engine Result Page).

Untuk blog baru memang lebih sulit untuk diindeks daripada blog lama karena blog baru masih dalam tahap yang dinamakan "Google Sandbox".

Ibarat kata kotak pasir, blog Anda masih tenggelam di sana jadi masih belum bisa muncul di pencarian Google. Artinya di sini blog Anda masih di luar peringkat 100 besar.

Nah, bagaimana sih cara mengatasi website yang tidak terindeks di Google meski kita sudah submit sitemap Google Search Console?

Saya akan berbagi informasi berdasarkan wawasan saya di bidang SEO yang saya pelajari dari para specialist di bidang Digital Marketing ini, salah satunya dari suhu Calvin Tedja CEO Omnirank.id.

Mengatasi Website yang Sulit Terindeks Google

cara mengatasi website tidak terindeks

Mengutip penjelasan master Kevintaw, ada 4 cara agar website lebih cepat terindeks di Google hingga akhirnya benar-benar muncul secara normal, yaitu :

1. Social Fortress

Maksud dari Social Fortress adalah kita membuat Social Media Profile buat website. Sudah mulai nangkep? Setelah membuat sosmed, yang perlu Anda lakukan adalah melengkapi profile bisnis Anda dan taruh link website Anda di bio profile.

Daftar rekomendasi sosial media :

  1. Facebook Page
  2. Instagram
  3. Twitter
  4. Pinterest (Rekomendasi banget)
  5. LinkedIn
  6. YouTube
  7. Gravatar
  8. Tumblr
  9. About.me

Berikut cara yang kedua.

2. Citation Listing

Apa itu citation listing? Sesuai terjemahannya ya, berarti kita menaruh website kita ke dalam daftar referensi. Tentu referensinya yang berhubungan dengan kategori website atau bisnis Anda.

Rekomendasi daftar sitasi :

  • Foursquare
  • Yellowpages
  • Hotfrog

3. Social Signal

Berikutnya adalah social signal. Mungkin dari namanya Anda sudah tahu apa maksudnya. Ini adalah cara untuk membuat website Anda seolah-olah viral karena banyak diperbincangkan di sosial media.

Cara melakukannya seperti ini :

  1. Buat tweet di Twitter yang membahas website Anda dan sertakan link homepage web di tweet. Buat sekitar 10 tweet dari 10 akun Twitter, bikin banyak akun dengan ternak gmail.
  2. Buat post/article di LinkedIn kira-kira berjumlah 15 dan sertakan link homepage website.
  3. Bikin pin yang menyertakan link homepage domain situs Anda kira-kira berjumlah 10 pin dan juga lakukan repin sebanyak 20.

Lakukan dua kali saja tiap 2 bulan sekali apabila website Anda masih tidak terindex di Google walaupun sudah menggunakan Google Search Console.

4. Backlinks

Sudah familiar banget kan dengan istilah backlinks? Yap! Ini adalah istilah dimana situs lain memberi tautan kepada situs Anda.

Backlink sendiri terbagi menjadi dua tipe yakni dofollow dan nofollow. Beda keduanya adalah kalau dofollow link tersebut akan di-crawl oleh spider bot Google, sedangkan nofollow tidak.

Rangkuman (Penting)

cara mengatasi website tidak terindex google
Sumber gambar: omnirank.id
Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan.

Nah, untuk rangkuman artikel ini dapat Anda lihat penjelasan gambar di atas. Sumber langsung dari situs OMNI. Apabila butuh jasa backlink berkualitas silakan kunjungi situs ini : https://omnirank.id

Andhika YP
Andhika YP Halo, nama saya Andhika YP. Situs andhikayp.com ini digunakan sebagai blog pribadi. Saat ini saya magang di Kotakode sebagai SEO Analyst. Jangan lupa follow Instagram saya yaa!

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Website Tidak Terindex di Google Walaupun Sudah Menggunakan Search Console"