Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cairkan Pembayaran Google Adsense lewat OVO [2021]

Dalam artikel kali ini saya akan bagikan tutorial blog lebih ke Adsense-nya sih tentang bagaimana cara mencairkan pembayaran Google Adsense lewat OVO tahun 2021 ini.

Emang bisa gitu withdraw pembayaran Adsense melalui OVO? Bisa kok, bukan milih OVO sih di setting pembayarannya, tetapi Bank National NOBU.

Penggunaan dompet virtual atau e-wallet yang semakin masif membuat sebagian blogger atau webmaster berbondong-bondong mengubah metode pembayaran GA ke OVO.

Banyak sih keunggulannya menurut saya langsung menerima pembayaran ke rekening OVO, berikut beberapa di antaranya.

Keunggulan Menerima Pembayaran Adsense lewat OVO

Beberapa poin yang saya tulis pure dari pendapat pribadi serta apa yang saya alami ya kira-kira 5 bulan setelah mengubah metode withdraw Google Adsense dari rekening biasa ke rekening OVO.

1. Lebih mudah untuk digunakan berbelanja

Saya sendiri tipe yang lebih mudah menggunakan e-wallet ketimbang rekening yang seperti BCA gitu, meski saya pakai juga untuk menerima pembayaran akun lain.

Apalagi marketplace favorit saya, Tokopedia menggunakan OVO sebagai salah satu metode pembayarannya dan tidak jarang mengasih cashback apabila membayar menggunakan OVO. Itu sih salah satu alasan lebih mudahnya.

2. OVO tidak ada biaya admin tiap bulannya

Nah ini sudah jelas ya kalau di OVO Anda hanya akan kena biaya admin (lebih ke biaya transfer sih) setiap melakukan transfer ke beda rekening yang nominalnya hanya Rp2500, berbeda dengan biaya transfer bank ke berbeda rekening sebesar Rp6500. 

Kalau transfer ke sesama OVO gratis.

Lalu, di bank tiap bulannya juga kena biaya maintenance yang bisa saya sebut nominalnya cukup besar, tergantung jenis kartu dan banknya juga sih.

Oleh karena dua faktor utama inilah membuat saya memutuskan mengubah metode pembayaran Adsense ke OVO dari sebelumnya BCA.

Namun, sebelumnya apakah ada syarat agar dapat mencairkan saldo Adsense ke rekening OVO? Tentu ada.

Syarat Agar Bisa Transfer Pembayaran Adsense ke OVO

Syarat tersebut adalah Anda harus mengupgrade OVO ke OVO Premier. Apakah harus? Sebaiknya harus Anda lakukan karena akun OVO biasa kena limit top up saldo 2 juta rupiah saja.

Mengutip dari Help Center OVO.id, berikut informasi mengenai limit saldo OVO Cash:

  • Saldo maksimal akun Club      : Rp2.000.000
  • Saldo maksimal akun Premier : Rp10.000.000

Jadi, kalau rekening OVO Anda sudah Premier maka sudah bisa menerima pembayaran Adsense lebih dari 2 juta maksimal saldo yang bisa disimpan untuk Premier adalah 10 juta.

Buat para suhu yang gajiannya sudah di atas 10 juta bahkan ratusan juta berarti tidak cocok ya setting pembayaran Adsense to OVO.

Oke, next kita akan masuk ke langkah-langkah mengatur pembayaran Adsense menggunakan OVO.

Cara Withdraw Pembayaran Adsense Melalui OVO

cara cairkan pembayaran adsense lewat ovo

Berikut ini langkah-langkahnya yang saya sertakan gambar pendukung agar lebih mudah memahaminya.

1. Download dan Install OVO jika belum punya

Langkah pertama adalah unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi OVO di smartphone Anda jika belum punya.

Setelah itu registrasi menggunakan nomor hp yang sedang digunakan sekarang ini. Setelah membuat akun langsung saja masuk ke menu Profile > OVO ID > Upgrade > Upgrade sekarang untuk request menjadi akun Premier.

Selesaikan langkah-langkah dalam mengubah akun OVO biasa menjadi Premier seperti mengisi data identitas pribadi misalnya KTP atau Passport serta melaukan selfie sambil memegang data diri tersebut. Proses mengubah ke akun OVO Premier biasanya sih sekitar 2-4 harian, tetapi bisa lebih cepat atau lama.

2. Masuk ke dashboard Google Adsense

Saya asumisikan akun OVO Anda telah berubah menjadi OVO Premier. Berarti langkah selanjutnya adalah setting pembayaran di dashboard Adsense.

Setelah login di web Adsense masuk ke menu Pembayaran > KELOLA METODE PEMBAYARAN > TAMBAHKAN METODE PEMBAYARAN.

3. Setting Pembayaran

Anda akan menjumpai form pengisian metode pembayaran seperti gambar di bawah ini.

cara mengubah pembayaran adsense dengan ovo

Nama pada rekening bank : Isi dengan nama lengkap Anda sesuai nama di akun OVO

Bank : Pilih BANK NATIONAL NOBU

Nomor rekening : Isi dengan nomor hp Anda yang dipakai sebagai nomor rekening OVO lalu tambahkan angka 9 di depannya. Contoh: 9 + 087741415656 menjadi 9087741415656.

Kalau ingin menjadikan nomor rekening OVO sebagai pembayaran utama jangan lupa centang bagian "Tetapkan sebagai metode pembayaran utama."

5. Verifikasi metode pembayaran 

Setelah mengisi form metode pembayaran maka status rekening Anda saat ini masih tertunda seperti gambar di bawah ini.

verifikasi pembayaran adsense tertunda

Lalu, apa yang harus dilakukan? Anda harus menunggu karena sebelumnya muncul notifikasi bertuliskan seperti ini:

"1. Google akan menyetorkan kurang dari Rp1.000,00 ke rekening bank Anda dalam waktu 3 hingga 5 hari kerja berikutnya

2. Buka halaman metode pembayaran dan masukan jumlah setoran dengan tepat."

Tunggu saja 3-5 hari Anda akan mendapatkan notifikasi dari OVO berupa transfer dari Google CITIBANK NA. Waktu itu saya menambahkan metode pembayaran OVO pada tanggal 11 lalu mendapatkan kode verifikasi saldo kurang dari 1000 rupiah di akun OVO pada tanggal 15.

Angkanya random banget ya, bisa 398, 984, 602, dsb.

6. Masukkan kode verifikasi di Pembayaran Adsense

Langkah terakhir ini Anda hanya perlu memasukkan kode verifikasi unik berupa angka kurang dari 1000 yang dikirimkan oleh Google sebelumnya ke pembayaran Adsense yang sebelumnya Anda tambahkan.

Pilih nominal angka yang Anda dapat lalu klik Verifikasi. Kalau berhasil maka status rekening OVO Anda akan seperti ini.

setting pembayaran adsense dengan ovo berhasil
Tinggal klik OKE saja dan rekening OVO Anda siap menerima pembayaran Google Adsense bulan depannya jika sudah melewati ambang pembayaran $100 atau Rp1.300.000.

Jika ada pertanyaan seputar artikel ini cek terlebih dahulu di bagian F.A.Q di bawah ini. Kalau tidak ada silakan bertanya di kolom komentar.

F.A.Q

Apakah ada charge biaya top up dari Adsense ke OVO?

Kalau kita top up saldo rekening OVO dari bank BCA misalnya pasti kena biaya Rp1.000. Kemungkinan biayanya sama saat pihak Google membayar ke kita.

Apakah ada batas verifikasi rekening di Adsense berapa hari misalnya?

Tidak ada. Anda bebas mau kapan pun untuk verifikasi rekening Adsense. Namun, sebaiknya kalau sudah mendapatkan kode verif di rekening bank atau OVO langsung saja verifikasi di dashboard Adsense.

Andhika YP
Andhika YP Halo, nama saya Andhika YP. Situs andhikayp.com ini digunakan sebagai blog pribadi. Jangan lupa follow Instagram saya yaa!

Posting Komentar untuk "Cara Cairkan Pembayaran Google Adsense lewat OVO [2021]"