Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa Selama PJJ

Seperti yang kita ketahui bahwa universitas di Indonesia pada semester genap tahun 2021 ini akan kembali dilaksanakan secara online.

Mahasiswa pun dituntut agar bisa lebih beradapatasi dengan situasi ini. Terutama adaptasi dalam mengikuti perkuliahan secara daring.

Menurut saya salah satu bentuk adaptasi yang baik dalam mengikuti perkuliahan secara daring adalah dengan mempersiapkan tool pendukung selama KBM.

Salah satunya adalah dengan menggunakan laptop yang powerfull yang kuat menemani aktivitas hampir 24 jam berkutat dengan tugas, organisasi, dan kepanitiaan (Itulah yang saya alami pada semester tiga yang lalu).

Dalam tulisan kali ini saya ingin membagikan sedikit tips memilih laptop yang cocok buat mahasiswa selama PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) berdasarkan apa yang saya alami satu setengah semester kuliah daring.

Yang akan saya bahas antara lain: spesifikasi laptop seperti apa yang punya daya tahan tinggi sebagai sarana pendukung perkuliahan daring, kelebihan apa yang sebaiknya dimiliki, kelemahan apa yang sebaiknya dihindari dalam memilih laptop, dan sebagainya.

Pembahasan dalam artikel ini banyak. Jadi, silakan klik salah satu sub pembahasan dalam daftar isi di atas.

Mahasiswa Butuh Laptop yang Dapat Mendukung Produktivitas Sehari-hari

Ini sifatnya wajib. Sebab, dalam perkuliahan waktu belajarnya itu tidak monoton Senin-Jumat pukul 08.00 - 14.00 misalnya. Namun, hari Senin ada dua kelas pukul 07.00 - 10.00 dilanjut 14.00 - 16.00.

Belum lagi kalau mahasiswa tersebut mengikuti organisasi atau kepanitiaan di kampusnya. Biasanya setelah kelas mahasiswa melakukan rapat membahas progress program kerjanya kalau ia tergabung dalam Himpunan Mahasiswa.

Apa artinya yang saya tuliskan di atas? Laptop kini menjadi kebutuhan primer karena selama masa pandemi ini semua kegiatan hampir full dilakukan secara online.

Kalau laptop yang dipakai tidak dapat menunjang produktivitas sehari-hari itu tentu akan berdampak kurang baik buat mahasiswa tersebut meskipun kembali lagi itu tergantung individu.

Saya sendiri alhamdulillah masih bisa beradaptasi dengan situasi kuliah daring meskipun laptop yang dipakai telah berusia 7 tahun lebih. Intinya laptop harus dapat mendukung produktivitas sehari-hari apalagi saya juga blogging.

Oke, sekarang kita telah mengetahui bahwa laptop adalah barang primer buat mahasiswa saat ini terutama saat menjalani PJJ. Lalu, laptop seperti apa yang mempunyai daya tahan tinggi serta banyak kelebihan?

tips memilih laptop untuk mahasiswa

Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa Selama PJJ

Berikut ini beberapa tips menurut saya pribadi yang merupakan seorang mahasiswa. Jadi, lebih mengenal apa yang kami (mahasiswa) butuhkan.

1. Spesifikasi Mumpuni

Kalau Anda ditanyai seputar spesifikasi laptop apa yang pertama kali terpikirkan? Kalau saya langsung mikir soal CPU, RAM, Storage, dan Battery. Menurut saya itu empat hal krusial yang paling dibutuhkan.

Di sini saya tidak akan menjelaskan apa dan kegunaan CPU, RAM, penyimpanan internal, apalagi baterai. Namun, lebih ke standar komponen tersebut seperti apa yang recommended.

CPU

Kalau Anda tim #intel sebaiknya minimal memilih laptop yang menggunakan processor Intel Core generasi ke-10. Boleh Celeron, i3, i5, atau i7 lebih bagus.

intel core i5 generasi 10 a416
Menurut saya performa processor i5 sudah mendukung untuk produktivitas sehari-hari seperti mengikuti kuliah online via Zoom atau Google Meet, membuka LMS masing-masing kampus, membuat makalah, atau seperti saya selain digunakan untuk beberapa hal tersebut laptop juga dipakai untuk web development di Visual Studio Code, membuat UI/UX di Figma, slicing ke HTML dengan bantuan Zeplin, dsb.

RAM

Untuk kebutuhan saat ini rekomendasi laptop yang cocok buat mahasiswa selama PJJ adalah yang menggunakan RAM DDR4 dual channel minimal 4GB.

Jika ada opsi untuk diupgrade ke RAM lebih tinggi misalnya jadi 16GB, maka itu lebih baik.

Storage

Tiap mahasiswa tentu kebutuhan penyimpanan di laptopnya juga pasti berbeda. Buat mahasiswa yang sangat aktif menggunakan laptopnya untuk keperluan project yang menghasilkan file berskala besar misalnya membuat mobile apps dengan stack MERN, tentu storage pun harus mendukung.

Kalau memilih laptop yang masih menggunkaan penyimpanan jenis HDD, sebaiknya cari yang kapasitasnya 1TB.

Lebih rekomendasi penyimpanan SSD karena jauh lebih cepat dalam urusan Write, Read, Delete, Transfer. Apabila ada laptop yang menggunakan dual storage, pilihlah itu.

Battery

Laptop yang dapat bertahan lebih dari 8 jam tentu sangat direkomendasikan untuk dipilih buat mahasiswa yang menjalani PJJ sehari-harinya. Pastikan juga cari laptop yang ada fitur fast-charging.

2. Sudah Pre-Install Windows 10 Original

Banyak keuntungan yang Anda dapatkan apabila membeli laptop yang sudah include Windows 10 original. Salah satunya adalah Anda tidak perlu membeli lisensi Windows terpisah dan tidak perlu juga install bajakan.

windows 10

Install Windows bajakan itu banyak ruginya karena pada waktu tertentu akan terdeteksi dan ujung-ujungnya disuruh aktivasi lagi. Walaupun menggunakan Windows Loader pun kemungkinan laptop crash tetap akan ada.

3. Konektivitas Jaringan yang Oke

Pembelajaran Jarak Jauh = Butuh konektivitas jaringan yang mumpuni. Laptop mainstream nan oke zaman sekarang rata-rata sudah menggunakan driver Wi-Fi 5 (802.11ac).

Sebab, performa cakupan sinyal driver tersebut sudah sangat oke meskipun jaringan Wi-Fi di dalam ruangan digunakan banyak orang sekaligus sehingga video conference tidak akan sering down.

Lalu, buat Anda pengguna earphone atau headset wireless, laptop yang sudah tertanam driver Bluetooth 4.1 membuat pertukaran suara tidak akan delay.

4. Smooth buat Multitasking

Tips memilih laptop untuk mahasiwa selanjutnya adalah yang mampu dan lancar buat multitasking. Bukan mahasiswa namanya kalau tidak akrab dengan yang namanya multitasking.

Contoh sederhananya begini; ketika saya mengikuti perkuliahan secara daring biasanya yang saya buka di laptop adalah aplikasi Zoom dan Microsoft Word untuk mencatat materi dari dosen.

Dalam contoh ini kalau laptop kurang lancar untuk mengerjakan beberapa hal sekaligus maka dampaknya akan mengurangi produktivitas saya.

Lalu, apabila Anda sering melakukan multitasking untuk membuka beberapa software yang berat, kembali lagi ke nomor 1 berarti Anda butuh laptop yang memiliki spesifikasi tinggi.

5. Perhatikan Budget yang Dimiliki

Tips yang terakhir ini penting banget karena jadi penentu apakah beberapa tips sebelumnya dapat terealisasikan atau tidak.

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda termasuk urusan budget membeli laptop baru. Laptop dengan kisaran harga 4 jutaan sampai 10 jutaan saya rasa range yang terbaik untuk mahasiswa sesuai kebutuhan juga pastinya.

Dari lima tips di atas saya akan merekomendasikan satu tipe laptop yang sudah mencakup itu semua. Laptop apa itu?

ASUS VivoBook 14 A416

ASUS product photo

Mengapa harus ASUS VivoBook 14 A416?

1. Cocok buat Semua Kalangan

Laptop ini bukan hanya cocok untuk mahasiswa yang sedang menjalani PJJ, melainkan untuk kalangan lainnya seperti guru, dosen, ibu rumah tangga, pebisnis online, pelajar, hingga orang kantoran pun. Mengapa? 

Karena ASUS VivoBook 14 A416 merupakan salah satu laptop all-round paling ringkas di dunia yang telah ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-10, GPU NVIDIA GeForce, telah pre-installed Windows + Office.

Lalu, RAM-nya masih dapat di-upgrade, ada versi storage ITB HDD + 256GB SSD, baterai 37WHrs daan telah support fast charging, kurang apa lagi ini laptop? Mantap banget.

2. Simpel dan Ringkas

Buat mahasiswa desain laptop yang simpel dan ringkas itu seperti sebuah standar laptop mainstream masa kini. Udah dewasa mah tidak butuh laptop yang desainnya aneh-aneh kecuali kalo kami seorang gamer ya.

Cukup desainnya yang simpel, ringkas, dan elegan, tetapi tidak mengurangi daya gunanya. Begitu juga dengan ASUS VivoBook 14 A416 ini. Coba lihat desain laptopnya dari sisi samping.

laptop ASUS VivoBook 14 A416

Meskipun desainnya simpel, tetapi ASUS tidak menghilangkan port-port yang begitu penting dalam menunjuang produktivitas dan konektivitas. Jadi input & output untuk laptop ini antara lain: 

  • 1x HDMI 1.4
  • 1x 3.5mm Combo Audio Jack
  • 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
  • 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C
  • 2x USB 2.0 Type-A
  • Micro SD card reader

Banyak banget kan? Namun, itu tidak membuat laptop ini menjadi tebal dan berat loh.

tebal laptop asus vivobook 14 a416

Tebal laptop ini hanya 1.99 cm dan beratnya hanya 1.6 Kg.

Mungkin saat ini laptop tipis dan ringan bukan menjadi prioritas. Namun, ketika perkuliahan sudah kembali dilaksanakan secara tatap muka maka tebal dan berat laptop harus dipertimbangkan dengan baik.

Sebab, hampir setiap hari mahasiswa akan membawa laptop ke kampus apalagi seperti program studi saya Bisnis Digital.

Penasaran tidak mengapa laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini memiliki body yang lebih ringkas daripada laptop berukuran 14 inchi lainnya? Itu karena teknologi NanoEdge Display.

Teknologi eksklusif dari ASUS bernama NanoEdge Display ini memungkinkan bezel layar pada VivoBook 14 (A416) dapat tampil sangat tipis sehingga laptop ini dapat memiliki screen-to-body ratio hingga 82%.

3. Fitur Kemanan yang Ditingkatkan

Beberapa varian dari laptop ini sudah dilengkapi dengan keamanan biometrik seperti fingerprint sensor. Jadi, pengguna tidak perlu repot lagi memasukkan password tiap kali membuka laptop karena sudah terintegrasi dengan sistem Windows Hello.

Mantap banget kan laptop budget mahasiswa, tetapi fitur keamanan tidak main-main.

4. Performa Kencang

Performa kencang tentu tidak lepas dengan yang namanya jeroan laptop. Laptop ASUS VivoBook 14 A146 ini sudah ditenagai dengan prosesor 10th Gen Intel Core. Varian tertinggi dari laptop ini menggunakan Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread. Kencang abis.

Prosesor varian tersebut masih dapat di-overclocking hingga 3.6Ghz. Jadi, jangan khawatir laptop ini lemot untuk menemani aktivitas Pembelajaran Jarak Jauhmu.

"Kak, saya kuliah di Desain Interior nih jadinya butuh laptop dengan VGA mantap. Kalau laptop ASUS VivoBook 14 A14 ini bagaimana?". Beberapa varian dari laptop ini telah ditanamkan chipset grafis NVIDIA GeForce MX330.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena laptop ASUS VivoBook 14 A146 ini masih mungkin menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis tambahan seperti Adobe Premier, Blender, AutoCAD, SketchUp, dll.

5. Adanya MyASUS

Yang terakhir dari mengapa Anda harus memilih laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini adalah karena sudah ada aplikasi MyASUS. Mengutip informasi resmi dari ASUS, melalui MyASUS, pengguna VivoBook 14 (A416) dapat memantau status laptopnya sekaligus melakukan troubleshooting. 

MyASUS juga menyediakan fasilitas agar penggunanya dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Tidak hanya itu, MyASUS juga dapat memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.

Spesifikasi Lengkap Laptop ASUS VivoBook 14 A416

Kalau sudah tertarik dengan laptop ini secara gambaran besar, lihatlah tabel spesifikasi di bawah ini agar Anda lebih yakin untuk memiliki laptop ini sebagai 'amunisi' andalan selama PJJ.

Main Specification VivoBook 14 (A416)
CPU Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)
Operating System Windows 10
Memory 4GB DDR4 RAM
Storage 1TB 5400 rpm SATA HDD
256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
1TB HDD + 256GB SSD
Display 14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) IPS Anti-Glare
14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare
14.0" (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare
Graphics NVIDIA GeForce MX350 (optional)
Intel UHD Graphics
Input/Output 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader
Camera VGA Web Camera
Connectivity Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1
Audio SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone
Battery 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimension 32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm, 1.6Kg
Colors Transparent Silver and Slate Grey
Warranty 2 tahun garansi global

Secara spesifikasi laptop ini sudah sangat mampu untuk mendukung produktivitas sehari-hari Anda selama menjalani perkuliahan daring. "Namun, kalau secara harga bagaimana, Kak?".

Coba lihat tabel harga dari beberapa varian laptop ini di bawah.

Harga Laptop ASUS VivoBook 14 A416

Price
Spec
Rp4.799.000 Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD
Rp4.899.000 Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 256GB PCIe SSD
Rp6.699.000 Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD
Rp7.099.000 Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD
Rp7.499.000 Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD
Rp10.099.000 Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD
Rp10.799.000 Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD

Semoga pembahasan dalam artikel ini dapat menjadi gambaran buat Anda khususnya teman-teman mahasiswa yang sedang bingung ingin beli laptop baru untuk PJJ semester genap ini, tetapi tidak tahu spesifikasi laptop seperti apa yang dibutuhkan.

Apabila masih ada pertanyaan yang belum terjawab seputar laptop ASUS VivoBook 14 A416 mungkin Anda bisa lihat di sesi F.A.Q di akhir artikel ini atau kunjungi website resmi ASUS Indonesia. Jangan lupa baca artikel kategori Informasi di blog saya ini yang lainnya seperti Cara Mendapatkan Canva Pro Gratis.

Disclaimer

Artikel ini saya sertakan dalam ASUS VivoBook 14 A416 Blog Competition #VivoBookA416ID #EasyPortability #EffortlessProductivity yang diselenggarakan oleh ASUS Indonesia bersama Kang Didno, Kang Firman, dan Teh Caroline.

Referensi Artikel

  1. ASUS VivoBook 14 A416 : https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-Laptop-14-X415JP
  2. Press Release - ASUS VivoBook 14 (A416) Laptop dengan Fitur Modern untuk Semua Kalangan_18Dec20
  3. Foto pendukung : ASUS Channel Site

F.A.Q

Adakah fitur peredam getaran dalam laptop ASUS VivoBook 14 A416?

Ada. Fitur tersebut bernama HDD E-A-R yang fungsinya untuk melindungi laptop dari benturan yang berisiko. Lalu, ada juga Reinforced Lid untuk melindungi bagian cover, engsel, dan layar laptop serta fitur Reinforced Chassis sebagai penguat secara struktural bagian touchpad dan keyboard.

Apakah laptop ini ditujukan khusus untuk pelajar/mahasiswa?

Laptop ASUS VivoBook 14 A416 bukan dirancang untuk menunjang produktivitas pelajar/mahasiswa saja, tetapi juga untuk pekerja yang sehari-harinya butuh laptop dengan performa oke dengan harga yang terjangkau.

Andhika YP
Andhika YP Halo, nama saya Andhika YP. Situs andhikayp.com ini digunakan sebagai blog pribadi. Jangan lupa follow Instagram saya yaa!

Posting Komentar untuk "5 Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa Selama PJJ"