Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools + Tutor Gambar

Ahrefs menjadi salah satu tool SEO terbaik dan favorit dari para praktisi SEO, tetapi saya belum kesampaian buat langganan tool ini hahaha.

Belum lama ini Ahrefs mengeluarkan produk terbaru mereka yang bernama "Ahrefs Webmaster Tools". Buat webmaster atau praktisi SEO Webmaster Tools sudah tidak asing lagi karena hampir setiap hari berkutat di Google Search Console (dulunya bernama Google Webmaster Tools).

Tadi saya cobain daftar Ahrefs Webmaster Tools dan memang fiturnya terbatas, tetapi kita tau Ahrefs ini tool yang begitu powerfull dengan database indexing dan backlink yang begitu besar.

cara mendaftar ahrefs webmaster tools

Ini proses saya mendaftar Ahrefs Webmaster Tools tadi..

Cara Mendaftar Ahrefs Webmaster Tools

Kira-kira kalau dibuat garis besar ada 5 langkah proses pendaftarannya. Jadi, nggak akan memakan waktu Anda terlalu lama.

1. Daftar Ahrefs

Pertama, Anda harus daftar terlebih dahulu dengan membuat akun Ahrefs atau login menggunakan akun Google atau Facebook.

Daftarnya di sini ya: Daftar Ahrefs

Setelah mendaftar jangan lupa cek email Anda untuk verifikasi akun. Lakukan sampai berhasil tahap pertama ini.

2. Import or add your project

Habis verifikasi email Anda akan diarahkan ke halaman Ahrefs untuk memilih impor projek atau menambahkan project baru di Ahrefs.

cara daftar ahrefs webmaster tools
Klik gambar untuk memperbesar

Di sini saya memilih Add manually karena ingin verifikasi secara manual juga sih dan agak males buat ngehubungin dengan Search Console, buat jaga data privasi aja.

3. Create your first project

Di tahapan Scope ini Anda perlu memasukkan url website/blog di tempat yang sudah disediakan. Kalau webnya masih numpang di www pilih Subdomains ya.

verifikasi domain ahrefs webmaster tools
Klik gambar untuk memperbesar

Sesuaikan juga apakah web yang ingin ditambahkan itu menggunakan protokol http + https atau salah satu saja.

Jangan lupa isi Project name juga. Setelah itu tunggu sampai bot Ahrefs selesai mengecek domain Anda. Lalu, kalau sudah muncul tulisan "Your domain is accessible!" klik Continue.

4. Verify ownership

verifikasi ownership ahrefs webmaster tools
Klik gambar untuk memperbesar

Setelah melewati tahap ketiga bukan berarti website Anda sudah berhasil diverifikasi ya. Langkah keempat inilah proses verifikasi domain Anda.

Banyak caranya antara lain :

  • Google Search Console
  • DNS record
  • HTML file
  • HTML tag

Nah, di sini saya pakai metode verifikasi HTML tag karena alasan pertama soal GSC sudah saya sebutkan tadi. Kalau untuk DNS record saya males buat masukin DNS ke registrar tempat saya beli domain. Untuk cara HTML file saya tidak bisa melakukan itu karena pakai Blogger, tidak ada Cpanel-nya haha.

Kalau HTML tag yang paling gampang soalnya hanya perlu masukin tag milik Ahrefs di Template/Theme website setelah <head> atau sebelum <body>. Kalau sudah berhasil verify ownership maka tampilannya hijau hijau seperti ini:

verify domain ahrefs webmaster berhasil
Klik untuk memperbesar gambar

Klik "Recheck status" untuk refresh apakah domain Anda sudah berhasil diverifikasi apa belum. Kalau sudah lanjut klik Continue lagi cuy.

5. Site audit

Tahap terakhir adalah mengatur Schedule, URL sources, dan Crawl settings.

schedule site audit
Klik untuk memperbesar gambar

Karena saya juga kurang tau settingan yang powerfull bagaimana, akhirnya saya ikutin kata Ahrefs aja untuk membiarkan pengaturan default. Klik Finish jangan lupa.

Tampilan Ahrefs Webmaster

Setelah berhasil melalui lima tahapan mulai dari import or add project hingga site audit, Anda akan masuk ke beranda Ahrefs Webmaster Tools dengan tampilan seperti ini:

selesai daftar ahrefs webmaster tools
Klik untuk memperbesar gambar

Bot Ahrefs akan memulai crawling atau merayapi website Anda untuk mendapatkan data-data yang akan ditampilkan di AWT ini. Blog saya masih cupu banget metriksnya wkwkwk. DR masih 0.1 dan RD baru 2 itu pun dari draft blogger dan entah kenapa backlink-nya sudah 18 padahal belum pernah saya backlink.

Bagi teman-teman yang situsnya masih blogspot, saya sarankan buat custom domain dulu. Bisa baca ini ya Cara saya custom domain .com di Exabytes.

Terima kasih telah membaca tutorial cara daftar Ahrefs Webmaster Tools yang penjelasannya beserta gambar yang mana semoga dapat membantu ya. Sebelum pergi dari blog saya atau ingin membaca artikel yang lainnya, baca FAQ di bawah ini dulu yuk.

F.A.Q

Bagaimana jika gagal saat proses verify ownership?

Bersihkan dulu cache dari plugin cache website apabila menggunakan Wordpress. Kalau Blogger sih palingan coba ganti metode verifikasi yang lainnya. Pakai yang direkomendasikan saja, hubungan dengan Google Search Console.

Apakah Ahrefs Webmaster Tools berbayar?

Tidak. Ini bukan Ahrefs tool yang utama. Jadinya AWT ini fitur gratis yang diberikan oleh Ahrefs tentu dengan fitur yang sedikit, tetapi berguna banget kok.

Andhika YP
Andhika YP Halo, nama saya Andhika YP. Situs andhikayp.com ini digunakan sebagai blog pribadi. Saya pernah magang di Kotakode sebagai SEO Analyst. Jangan lupa follow Instagram saya yaa!

Post a Comment for "Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools + Tutor Gambar"

Bantu saya meningkatkan User Experience blog ini dengan mengisi survey singkat kurang dari 2 menit ini
Isi survey